KETUA MAHKAMAH AGUNG RI RESMIKAN DUA PERADILAN AGAMA DI GORONTALO

peresmian1Suasana nonton live streaming peresmian 85 Pengadilan baru
termasuk PA Suwawa dan PA Kwandang

Gorontalo | pta-gorontalo.go.id

Senin 22 oktober 2018 merupakan hari penting bagi warga peradilan agama Provinsi Gorontalo. Karena dihari itu, wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo resmi berjumlah 6 satker. Hal ini Sesuai Keputusan Presiden RI Nomor 13-18 Tahun 2016 tentang pembentukan 85 pengadilan baru, yang hari ini diresmikan oleh Ketua Mahkamah Agung RI dipusatkan di Melonguane Kabupaten Kepulauan Talaud Provinsi Sulawesi Utara. Diantara 85 pengadilan yang diresmikan oleh Yang Mulia Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, SH. MH. Terdapat 3 peradilan baru yang dibentuk di Provinsi Gorontalo yakni Pengadilan Agama Suwawa, Pengadilan Agama Kwandang dan Pengadilan Tata Usaha Negara Gorontalo.

Dalam pidato Ketua Mahkamah Agung RI yang mulia Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, SH .MH. yang diikuti via streaming, ia mengungkapkan, salah satu alasan dipilihnya kabupaten kepulauan talaud sebagai lokasi peresmian pengadilan baru adalah bentuk perhatian dan apresiasi pimpinan Mahkamah Agung RI terhadap pengadilan-pengadilan yang berada diwilayah pelosok dan pulau terluar di Indonesia. Ia juga menambahkan bahwa Kabupaten Kepulauan Talaud terletak di sebelah utara Pulau Sulawesi dan wilayah paling utara indonesia timur yang berbatasan langsung dengan Davao Del Sur, Filiphina.

Untuk lingkungan peradilan agama, ini merupakan sesuatu yang telah lama dinanti oleh masyarakat pencari keadilan. dimana sebelum berdirinya PA Suwawa, masyarakat di Kabupaten Bone Bolango masih harus berperkara di Pengadilan Agama Gorontalo yang letaknya berada di pusat Kota Gorontalo. Sementara untuk masyarakat yang bermukim didaerah Kabupaten Gorontalo Utara (kini wilayah PA Kwandang) harus menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam untuk dapat berperkara di Pengadilan Agama Limboto yang berada di Kabupaten Gorontalo.

presmian2WKPTA Gorontalo Dr. H. Busri Harun, SH. M.Ag. memimpin acara
live streaming peresmian 85 Pengadilan baru

Dari masa ke masa kepemimpinan beberapa Ketua PTA Gorontalo, pemekaran di dua kabupaten ini memang menjadi skala prioritas. Terakhir di masa kepemimpinan Drs. H. Moh. Munawar saat ini, perjuangan untuk mempersiapkan dua PA ini mulai menemui titik terang, sehingga begitu di terbitkan Kepres ini, ia Bersama Wakil Ketua PTA Gorontalo langsung bergerak cepat untuk melakukan kunjungan kerja ke Bupati Kab. Bone Bolango (PA Suwawa) dan Kab. Gorontalo Utara (PA Kwandang) guna mematangkan persiapan beroperasinya dua PA diwilayahnya ini.

Gerak cepat ini membuahkan hasil, PA Suwawa yang berkedudukan di Kab. Bone Bolango mendapatkan pinjaman gedung untuk kantor sementara serta mendapatkan lahan hibah seluas 5000m. Untuk PA Kwandang yang berkedudukan di Kab. Gorontalo Utara yang memang telah memiliki balai sidang untuk sidang keliling, kini telah disulap menjadi kantor sementara. Untuk lahan hibah, PA Kwandang juga telah mendapat lahan dari pemerintah kab. Gorontalo utara seluas 5000m.

Tak hanya di dua kabupaten ini, gerilya untuk mendapat dukungan terbentuknya PA baru di Gorontalo berlanjut sampai ke ruang kerja Gubernur Gorontalo. Alhasil dukungan pun mengalir bahkan saat itu gubernur gorontalo berjanji akan membantu kebutuhan meubelair untuk dua PA ini. (Humas PTA Gorontalo)